HAY HAY ? tau kan jaman
sekarang ini lagi banyak banyaknya
bisnis atau usaha, tentunya semakin ketat pula persaingan antar mereka. Mulai
dari olshop, bisnis rumahan, bisnis perusahaan atau bahkan jasa ojek !! eits jangan risau,
selama kira terapakan 4P dalam marketing mix ini maka produk atau usaha kita
dijamin akan mampu bersaing dengan yang lain, apa sih 4P ? yukk disimak......
Setiap perusahaan atau pelaku usaha pasti melakukan proses marketing. Proses
inilah yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen.
Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Fokus kegiatan ini adalah
konsumen. Pelayanan konsumen diperhatikan sebaik mungkin demi mencapai
keberhasilan marketing. Strategi yang biasa digunakan adalah marketing
mix.
Strategi marketing mix biasa
disebut dengan bauran pemasaran. Strategi ini merupakan perpaduan dari faktor-faktor
penting yang ada di dalam pasar itu sendiri.
Produk merupakan hasil dari sebuah kegiatan produksi, produk juga objek
dalam pemasaran. Produk inilah yang nantinya akan memberikan penghasilan dan
keuntungan pelaku usaha apabila sesuai dengan
target penjualan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. Dalam proses
pemasaran yang harus diprhatikan adalah kualitas produk. Kualitas produk akan
mempengaruhi daya tarik konsumen, sebab setiap konsumen tentu akan
membandingkan yang sama, dengan kualitas yang unggul maka akan besar
pengaruhnya di dalam marketing.
Penerapan Marketing Mix di dunia online sebenarnya secara prinsip
tidak berbeda dengan penerapan marketing mix di dunia offline, yang
berbeda adalah media nya saja. Anda bisa menerapkan marketing mix yang
anda kuasai pada bisnis online anda.
Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
(Marketing
Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah
kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang
digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar
sasaran.
yang
kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat
pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau
target pasar yang dituju.
Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel yaitu :
1. Product
Produk yaitu hasil dari kegiatan produksi yang dapat diperjual belikan. Produk Anda terdiri dari semua barang yang akan ada
taawarkan kepada konsumen. Ini termasuk setiap fitur berwujud yang menyertai
barang Anda untuk membuat brand produk Anda.
Sebagai Contoh produk berwujud seperti tas dan sepatu
sudah termasuk dalam aset yang tidak terwujud seperti nilai suatu brand dan
pelayanan pelanggan. Demikian juga layanan tak berwujud lainnya seperti
pariwisata, industri keuangan, dan informasi dapat datang bersama dengan hal
hal lain, yaitu kemasan yang memungkinkan pembeli Anda untuk merasakan
nuansa, aroma, dan sentuhan produk Anda.
Dua faktor terbesar yang mempengaruhi keputusan pembeli
sebelum mereka membeli barang Anda adalah:
Fungsi: Apa
yang pelanggan anda inginkan atau butuhkan? Apakah produk Anda mampu memenuhi
kebutuhan dan manfaat yg diharapkan konsumen?
Penampilan: bagaimana customer/pelangan anda dalam melihat tampilan
dari produk yang anda pasarkan ? sebagai pemasar harus teliti memerhatikan
penmapilan dari produk yang dipasarkan, sebab dari penampilan dapat berpengaruh
dalam pengambilan keputusan terhadap konsumen dalam membeli produk kita.
2. Price
Price
merupakan sejumlah uang yang konsumen bayar
untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.
Marketers tidak akan pernah memberitahu Anda untuk
bersaing pada harga saja. Meskipun harga adalah salah satu unsur dalam
Marketing Mix yang menciptakan pendapatan penjualan, anda sebagai pemasar juga
perlu mempertimbangkan sanggupkan konsumen membeli produk yang anda pasarkan.
Penyesuaian harga hanya dapat diinduksi dengan
menemukan berapa pelanggan yang memahami nilai dijual. Melakukan penelitian
yang luas tentang bagaimana konsumen berpendapat tentang semua merek yang mirip
dengan produk Anda, karena mungkin telah ada kisaran harga untuk produk
tertentu Anda akan jual.
3. Place
Place
(tempat) merupakan berbagai kegiatan perusahaan
untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar
sasaran.
Tanpa pemasaran yang efektif, orang tidak akan pernah
tahu keberadaannya.
Prioritas Anda adalah untuk membuat barang-barang Anda
tersedia untuk pelanggan Anda. Seperti kata pepatah, barang harus
berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat. Ini adalah di mana Anda
merancang sistem distribusi dan dikelola untuk menangani operasi seperti
transportasi barang dan penyimpanan.
Apa kepentingan mereka? Apa jenis toko yang mereka
sukai? Apakah mereka lebih memilih untuk membeli barang-barang mereka di-toko
atau online?
Semakin
Anda memahami perilaku pembelian, pengiriman produk anda akan lebih mudah dan
produk Anda menjadi lebih pas untuk segmen pasar Anda. Hal ini semakin
membedakan penawaran Anda dari pesaing dengan menerapkan marketing mix.
4. Promotion
Promotion merupakan berbagai
kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada
pasar sasaran. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong
keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
Pada akhirnya, dikenal atau tidaknya produk anda
tergantung pada bagimana promosi anda. Promosi sangat berpengaruh dalam
kegiatan marketing, dalam kegiatan promosi bisa dilakukan melalui beberapa
media, mengikuti perkembangan zaman maka promosi tidak hanya dilakukan dengan
memberi selembaran terhadap konsumen (lansung terjun ke lapangan) namun bisa
melalui iklan yang ditampilkan di TV, media sosial seperti Facebook, Instagram,
Blog atau media sosial yang lainnya.
Penampilan: bagaimana customer/pelangan anda dalam melihat tampilan dari produk yang anda pasarkan ? sebagai pemasar harus teliti memerhatikan penmapilan dari produk yang dipasarkan, sebab dari penampilan dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan terhadap konsumen dalam membeli produk kita.