Selasa, 14 November 2017

Terapkan 4P, raih kesuksesan marketingmu

 

HAY HAY ? tau kan jaman sekarang ini lagi banyak banyaknya  bisnis atau usaha, tentunya semakin ketat pula persaingan antar mereka. Mulai dari olshop, bisnis rumahan, bisnis perusahaan atau bahkan jasa ojek !! eits jangan risau, selama kira terapakan 4P dalam marketing mix ini maka produk atau usaha kita dijamin akan mampu bersaing dengan yang lain, apa sih 4P ? yukk disimak......



Setiap perusahaan atau pelaku usaha  pasti melakukan proses marketing. Proses inilah yang menjadikan barang dari produsen bisa sampai ke tangan konsumen. Perlu adanya strategi khusus dalam menjalankan proses ini. Fokus kegiatan ini adalah konsumen. Pelayanan konsumen diperhatikan sebaik mungkin demi mencapai keberhasilan marketing. Strategi yang biasa digunakan adalah marketing mix.
Strategi marketing mix biasa disebut dengan bauran pemasaran. Strategi ini merupakan perpaduan dari faktor-faktor penting yang ada di dalam pasar itu sendiri.
Produk merupakan hasil dari sebuah kegiatan produksi, produk juga objek dalam pemasaran. Produk inilah yang nantinya akan memberikan penghasilan dan keuntungan pelaku usaha  apabila sesuai dengan target penjualan. Produk sendiri dapat berupa barang maupun jasa. Dalam proses pemasaran yang harus diprhatikan adalah kualitas produk. Kualitas produk akan mempengaruhi daya tarik konsumen, sebab setiap konsumen tentu akan membandingkan yang sama, dengan kualitas yang unggul maka akan besar pengaruhnya di dalam marketing.


 Penerapan Marketing Mix di dunia online sebenarnya secara prinsip tidak berbeda dengan penerapan marketing mix di dunia offline, yang berbeda adalah media nya saja. Anda bisa menerapkan marketing mix yang anda kuasai pada bisnis online anda.

Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] :
(Marketing Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.

yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.

Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel yaitu :

1. Product
Produk yaitu hasil dari kegiatan produksi yang dapat diperjual belikan. Produk Anda terdiri dari semua barang yang akan ada taawarkan kepada konsumen. Ini termasuk setiap fitur berwujud yang menyertai barang Anda untuk membuat brand produk Anda.
Sebagai Contoh produk berwujud seperti tas dan sepatu sudah termasuk dalam aset yang tidak terwujud seperti nilai suatu brand dan pelayanan pelanggan. Demikian juga layanan tak berwujud lainnya seperti pariwisata, industri keuangan, dan informasi dapat datang bersama dengan hal hal lain, yaitu kemasan yang memungkinkan pembeli Anda untuk merasakan nuansa, aroma, dan sentuhan produk Anda.
Dua faktor terbesar yang mempengaruhi keputusan pembeli sebelum mereka membeli barang Anda adalah:
Fungsi: Apa yang pelanggan  anda inginkan atau butuhkan? Apakah produk Anda mampu memenuhi kebutuhan dan manfaat yg diharapkan konsumen?

Penampilan: bagaimana customer/pelangan anda dalam melihat tampilan dari produk yang anda pasarkan ? sebagai pemasar harus teliti memerhatikan penmapilan dari produk yang dipasarkan, sebab dari penampilan dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan terhadap konsumen dalam membeli produk kita.
2. Price
Price merupakan sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk.
Marketers tidak akan pernah memberitahu Anda untuk bersaing pada harga saja. Meskipun harga adalah salah satu unsur dalam Marketing Mix yang menciptakan pendapatan penjualan, anda sebagai pemasar juga perlu mempertimbangkan sanggupkan konsumen membeli produk yang anda pasarkan.
Penyesuaian harga hanya dapat diinduksi dengan menemukan berapa pelanggan yang memahami nilai dijual. Melakukan penelitian yang luas tentang bagaimana konsumen berpendapat tentang semua merek yang mirip dengan produk Anda, karena mungkin telah ada kisaran harga untuk produk tertentu Anda akan jual.
3. Place 
Place (tempat) merupakan berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
Tanpa pemasaran yang efektif, orang tidak akan pernah tahu keberadaannya.
Prioritas Anda adalah untuk membuat barang-barang Anda tersedia untuk pelanggan Anda. Seperti kata pepatah, barang harus berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat. Ini adalah di mana Anda merancang sistem distribusi dan dikelola untuk menangani operasi seperti transportasi barang dan penyimpanan.
Apa kepentingan mereka? Apa jenis toko yang mereka sukai? Apakah mereka lebih memilih untuk membeli barang-barang mereka di-toko atau online?
Semakin Anda memahami perilaku pembelian, pengiriman produk anda akan lebih mudah dan produk Anda menjadi lebih pas untuk segmen pasar Anda. Hal ini semakin membedakan penawaran Anda dari pesaing dengan menerapkan marketing mix.

4. Promotion
Promotion merupakan berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
Pada akhirnya, dikenal atau tidaknya produk anda tergantung pada bagimana promosi anda. Promosi sangat berpengaruh dalam kegiatan marketing, dalam kegiatan promosi bisa dilakukan melalui beberapa media, mengikuti perkembangan zaman maka promosi tidak hanya dilakukan dengan memberi selembaran terhadap konsumen (lansung terjun ke lapangan) namun bisa melalui iklan yang ditampilkan di TV, media sosial seperti Facebook, Instagram, Blog atau media sosial yang lainnya.